5 Cara Pemakaian Masker KN95 yang Tepat

Penggunaan masker sangat penting untuk dilakukan di tengah merebaknya wabah COVID-19. Langkah ini merupakan salah satu bagian dari gerakan protokol kesehatan yang wajib diataati oleh kita semua. Salah satu jenis masker yang biasa diandalkan untuk menghalau penyebaran corona adalah masker KN95.

Pemakaian Masker yang Benar

Tidak hanya memilih jenis masker yang tepat, namun Anda harus memakai masker tersebut dengan benar. Demi mendapatkan perlindungan optimal, berikut adalah tips penggunaan KN95 yang tepat.

1. Menutup Penuh

Masker yang digunakan harus menutup secara penuh. Bagian yang harus tertutup oleh masker adalah bagian hidung, mulut, dagu, dan pipi. Desain KN95 sebenarnya sudah dibuat sebisa mungkin bisa menutup semua area tersebut dengan sempurna. Agar masker bisa menutup secara menyeluruh, maka penting juga untuk menggunakan masker dengan ukuran yang pas.

2. Mencuci Tangan

Sebelum memakai masker, pastikan bahwa tangan Anda dalam kondisi bersih. Mencuci tangan sebenarnya adalah salah satu bagian protokol kesehatan. Sebelum menggunakan masker biasakan untuk selalu mencuci tangan sampai bersih. Jangan pernah menyentuh masker dalam kondisi tangan kotor karena bisa meningkatkan risiko tertularnya COVID-19.

3. Jangan Sampai Terbalik

Perhatikan jenis masker yang akan Anda pakai. Penting sekali untuk mengetahui mana sisi depan dan belakang masker. Jangan sampai memakai masker dalam posisi terbalik karena bisa mengurangi efektivitasnya. Untuk jenis masker KN95, sepertinya lebih mudah untuk menentukan mana bagian dalam dan luar karena ada sisi jahitan yang jelas.

4. Ganti secara Rutin

Penting untuk diketahui bahwa satu masker tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama. Jika Anda beraktivitas seharian di luar rumah, maka bawalah masker cadangan.

Pastikan untuk mengganti masker yang dikenakan secara rutin. Paling tidak setiap 4 jam sekali ganti masker jika Anda melakukan aktivitas berat. Jika Anda memakai masker kain, bisa juga diselipkan tisu dan mengganti tisu pelapis secara berkala.

5. Jangan Lepas Sembarangan

Saat mengenakan masker di ruang umum, jangan sembarangan melepasnya. Bagian dalam masker seharusnya tidak pernah terpapar udara luar karena bisa meningkatkan risiko penularan. Jika memang ingin melepas masker, maka simpan masker di tempat yang benar atau gunakan kesempatan tersebut untuk mengganti dengan masker yang baru.

Menurunkan masker ke posisi dagu juga tidak dianjurkan. Kebiasaan ini sangat sering ditemui di masyarakat, padahal cukup berbahaya. Jika kondisi mengharuskan Anda melepas masker, maka lepas saja keseluruhan masker. Jangan menurunkannya di dagu karena bisa meningkatkan kemungkinan terjadi paparan virus dan risiko penularan meningkat.

Itulah tadi 5 cara menggunakan masker N95 yang penting untuk dipahami. Jika ingin terhindar dari paparan virus corona, maka penting sekali untuk menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Mematuhi protokol kesehatan tidak hanya berarti melindungi diri sendiri melainkan juga termasuk orang lain yang ada di sekitar Anda.

Kesehatan, Lifestyle