Ikuti Tips Membeli Fortuner Bekas Ini Agar Tak Menyesal

fortuner

Mobil fortuner memang tak pernah surut pesonanya, meski yang setengah pakai sekalipun. Buktinya mereka yang membeli mobil SUV Toyota bekas juga sangat puas dengan kendaraan pilihan mereka. Karena selain harga fortuner bekas yang terjangkau, mobil ini juga sangat baik kualitasnya.

Jadi meski bekas namu performanya masih tetap yahud. Banyak yang menawarkan kredit fortuner bekas dan juga kredit fortuner murah. Buat Anda yang hendak membeli mobil Fortuner bekas, sebaiknya simak tips membeli Fortuner bekas berikut ini.

Cek Bagian Body

Ketika Anda hendak membeli mobil SUV besutan Toyota dalam kondisi setengah pakai atau second maka ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Salah satu bagian yang harus Anda periksa adalah pada bagian body. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi body dari kendaraan yang hendak dibeli.

Pemeriksaan bisa dimulai dari bagian fender depan dengan cara memeriksa keaslian cat. Untuk mengetahui apakah cat mobil tersebut masih original atau sudah pernah dicat ulang adalah dengan memeriksa bagian pinggiran atau tepi-tepi body. Pastikan tak ada cat yang bertumpuk atau belel.

Jika bersih maka bisa dipastikan catnya masih asli. Anda juga bisa mengetuk bagian body menggunakan kuku untuk mengetahui apakah body mobil pernah di dempul atau tidak. Jika diketuk masih mengeluarkan bunyi nyaring maka artinya body masih asli, tapi jika bunyinya berat maka body mengalami pendempulan.

Cek Karet-karet Sealer dan Kaca Mobil

Meski harga fortuner bekas yang ditawarkan murah, namun Anda juga wajib memeriksa setiap pintu mobil, pastikan body pada pintu masih asli. Caranya juga sama, cek pinggiran body dan periksa juga dengan mengetuk body pintu. Periksa juga pada karet-karet pada pintu, apakah bersih dari cipratan cat atau tidak. 

Jika bersih berarti mobil belum pernah dicat ulang, tetapi jika ada cipratan atau tumpukan cat berarti mobil pernah dicat ulang. Lakukan hal yang sama pada pintu belakang dan tutup kap mesin. Jika body pintu masih asli maka bisa dipastikan pintu belum pernah tertabrak atau mengalami kerusakan. 

Cek Kolong, Sasis dan Kap Mesin

Anda juga wajib memeriksa area kolong mobil, pastikan sasis dalam kondisi baik. Selain itu periksa juga pada bagian kap mesin, cek tulang, apron daan juga baut-baut pada apron tersebut. Pastikan baut-baut masih orisinil, jika ternyata baut sudah tak asli maka pernah terjadi sesuatu pada mobil tersebut.

Misalnya saja pernah terbentur sehingga apron rusak dan diganti atau mengalami perbaikan. Cek juga pada bagian mesin, dengan membuka tutup oli yang atas saat mesin dinyalakan, jika oli nyiprat parah berarti mesin dalam kondisi tidak bagus.

Cek Interior Mobil

Anda juga harus memeriksa bagian interior dari mobil yang hendak Anda beli. Cek kebersihannya, seperti dashboard, plafon dan juga jok mobil apakah masih rapi dan bersih. Cek juga pada head unit apakah masih original atau tidak. Cek juga pada speedometer apakah sudah ditempuh jarak yang banyak.

Anda juga harus memeriksa setiap instrumen yang ada pada area kabin depan, seperti instrument pendingin. Lakukan pengecekan pada cek fan speed, sirkulasi udara dan juga temperatur. Periksa juga panel pengatur kaca spion dan juga panel lampu apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek juga sensor-sensor yang ada apakah masih berfungsi, seperti sensor pendeteksi benda, sensor parkir dan juga AC belakang. Cek juga kebersihan jok belakang apakah masih bersih dan rapi. Perhatikan juga karpet dasar, pastikan karpet tersebut bersih dan kering. 

Cek panel lampu apakah masih berfungsi dan pastikan lampu sein, fog lamp, wiper dan juga lampu rem masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Beli Mobil di Toyota Astrido

Meski saat ini banyak yang menawarkan kredit fortuner dengan harga yang murah namun sebaiknya anda pertimbangkan untuk membeli Fortuner yang baru. Anda bisa mendapatkan Fortuner impian dengan harga yang terjangkau di toyotaastrido.co.id Demikian, semoga bermanfaat.